Jumat, 13 Januari 2012

MANUSIA DAN PERADABAN

Hakikat Peradaban
Peradaban atau Civilization adalah Perkembangan kebudayaan yang telah mendapat/mencapai tingkatan tertentu yang diperoleh oleh manusia pendukungnya (Huntington 2001).
Peradaban berasal dari kata Adab yang berarti sopan, berbudi pekerti, luhur, mulia, atau sifat yang tinggi dan mulia. Peradaban juga sering dipakai untuk hasil kebudayaan seperti kesenian, ilmu pengetahuan dan tegnologi, serta pergaulan.
Peradaban akan terus berkembang sesuai dengan zamannya/mengikuti perkembangan zamannya.
Bangsa-bangsa yang telah memiliki peradaban pada masa lampau : Bangsa Sungai Nil (mesir),Lembah sungai Tigris, Lembah Sungai Hoang Ho (Cina).
Selain mengacu pada Ilmu dan Tegnologi peradaban jugamengacu pada suatu kurun waktu dan tempat tertentu.
Bangsa yang beradab adalah bangsa yang terdidik. Akan tetapi bangsa yang berbudaya belum tentu memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.
B. Manusia Sebagai Makhluk Beradab dan Masyarakat Adab.
Kabudayaan merupakan keseluruhan dari hasil budi daya manusia (Cipta, Karsa, Rasa). Sedangkan Peradaban adalah bagian dari kebudayaan yang tinggi, halus, indah, dan maju.
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugrahi harkat, martabat, serta potensi kemanusiaan yang tinggi.
Manusia merupakan makhluk yang beradab sehingga mampu menghasilkan peradaban. Dan manusia sebagai makhluk social kerena mampu menciptakan masyarakat yang beradab.
C. Dinamika dan Problematika Peradaban Global
Arnold Y. Toynbee (Sejarawan Inggris) : Peradaban lahir sebagai respon manusia dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukkan dan mengolah alam sebagai tantangan (challenge) guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan kelangsungan hidupnya.
Alvin Toffler (1981) ada 3 gelombang peradaban manusia :
1. Gelombang I, peradaban tegnologi pertanian (revolusi hijau), berlangsung mulai 800 SM – 1500 M.
2. Gelombang II, peradaban tegnologi Industri, berlangsung mulai 1500 – 1970 M.
3. Gelombang III, Peradaban Informasi, berlangsung mulai 1970 M – sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar